11 Perbedaan Raket Yonex Asli dan Palsu, Jangan Salah Beli!

Yonex merupakan salah satu brand asal Jepang yang memproduksi peralatan olahraga. Banyak produknya yang sudah digunakan oleh atlet profesional di seluruh dunia. Namun semakin populernya brand ini, banyak pula produk imitasi dari produk ini.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli produk ini simak terlebih dahulu perbedaan raket Yonex asli dan palsu. Sebab ada beberapa produk imitasi yang memiliki kemiripan dengan produk aslinya.

Perbedaan Raket Yonex Asli dan Palsu

perbedaan raket yonex asli dan palsu
Potret raket Yonex asli. (Sportologi)

Supaya Anda tidak membeli produk yang salah, Anda harus mengetahui perbedaan raket Yonex asli dan palsu di bawah ini.

1. Harga raket Yonex asli dan palsu

Perbedaan raket Yonex asli dan palsu yang paling mencolok adalah harga. Terdapat selisih harga yang cukup besar antara raket asli dan palsu. Harga raket Yonex asli berkisar antara 1 jutaan rupiah, sedangkan untuk raket unggulan bisa dijual dengan harga 2-3 juta rupiah.

Sedangkan harga raket Yonex palsu dijual dengan harga jauh di bawah harga asli. Harganya berkisar antara 80-200 ribu rupiah.

2. Kode raket Yonex asli dan palsu

Jika Anda memperhatikan raket dengan seksama, Anda bisa menemukan kode produksi di stick, handle raket, dan di balik hologram. Kode ini dicetak menggunakan ukiran laser sehingga tidak mudah pudar.

Sedangkan raket Yonex palsu memiliki kode produksi yang mudah pudar. Bahkan terkadang ada beberapa produk yang tidak memiliki kode produksi.

3. Hologram di raket

Perbedaan raket Yonex asli dan palsu lainnya adalah adanya hologram yang terletak di label produk. Hologram terbuat dari material yang berkualitas dan sulit untuk dilepas. Stiker hologram di raket yang asli dilengkapi nomor seri yang berbeda di setiap produk.

Berbeda dengan yang asli, raket Yonex palsu tidak memiliki stiker hologram. Jika ada bahan yang digunakan akan buram, tipis, dan mudah terkelupas. Apalagi jika Anda menemukan hologram tanpa kode produksi, maka itu adalah produk palsu.

4. Logo Yonex asli dan palsu

Logo Yonex dapat Anda temukan di pangkal pegangan raket. Bentuk logo juga biasanya diikuti oleh lambang Yonex yaitu YY. Logo tersebut memiliki bentuk yang proporsional dan jelas.

Sementara logo pada raket palsu, biasanya huruf O dalam Yonex berbentuk lebih bulat dan lebar. Bahkan spasi antar hurufnya lebih besar dan cetakannya tidak begitu jelas dan mudah pudar. 

5. Warna dan logo di grip raket

Bagian penutup grip raket berwarna hijau tua gelap. Selain itu, penutup grip juga dilengkapi dengan logo Yonex yang tercetak dengan rapi, tebal, dan agak timbul. Sedangkan raket palsu memiliki penutup grip berwarna hijau terang dengan logo yang tidak dicetak timbul.

6. Poros raket

Poros raket Yonex cukup unik karena dirancang menggunakan teknologi khusus. Bagian ini dibuat menggunakan bahan dari serat karbon bernama Nanometric DR. Mekipun terlihat tipis namun poros raket ini sangat kuat.

Sementara poros raket Yonex palsu terbuat dari bahan imitasi yang cenderung rapuh dan relatif tebal dibandingkan yang asli.

7. Kualitas kayu pegangan

Pegangan raket merupakan bagian terpenting dalam raket. Karena ada banyak kasus raket patah saat digunakan untuk smash, maka dibutuhkan kualitas bahan yang kuat. Raket Yonex menggunakan bahan yang berkualitas, sementara yang palsu berkualitas rendah bahkan dapat meninggalkan bekas dengan mudah.

8. Tas cover raket

Anda dapat melihat perbedaan raket Yonex asli dan palsu dari tas cover raket. Tas cover produk asli memiliki finishing matte yang cocok dengan huruf glossy Yonex di atasnya. Sedangkan produk palsu memiliki tas cover dengan kualitas yang cukup rendah. Anda dapat mengamati jahitan tas, bahan, dan cetakan tulisan.  

9. Sekrup pegangan

Pada raket yang asli, Anda bisa menemukan sekrup kecil di bagian pegangan raket. Namun sebelumnya Anda perlu membuka lapisan pada pegangan untuk melihatnya. Akan tetapi, Anda perlu merusak raket terlebih dahulu, jadi gunakan cara lain yang lebih aman.

10. Pegangan dalam

Pegangan raket Yonex asli memilik rongga yang diisi plastik putih dengan bentuk silinder kecil. Fungsi dari isiannya ini adalah untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan raket. Namun Anda tidak akan menemukan isian ini pada raket yang palsu.

11. Nomor produksi

Setiap produk biasanya memiliki nomor produksi antara yang satu dengan lainnya meskipun dalam satu brand. Begitu pula dengan raket Yonex, Anda bisa menemukannya di bagian cap atau tutup raket. Nomor produksi pada produk yang asli diukir menggunakan laser. 

Keuntungan Menggunakan Raket Yonex

Raket Yonex sedang digunakan dalam pertandingan. (Bola.com)

Yonex telah memproduksi raket sejak tahun 1957, jadi tentu saja produk melegenda ini memiliki kualitas yang tidak dapat diragukan lagi. Anda bisa menemukan keunggulan yang tidak dimiliki raket dari brand lainnya. Penasaran? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Memiliki teknologi Isometric

Adanya teknologi ini dapat memaksimalkan area senar atau sweet pot di kepala raket. Anda bisa memukul dengan maksimal saat shuttlecock mengenai area senar ini.

2. Penggunaan mineral grafit

Bahan mineral grafit yang bernama Namd digunakan untuk meningkatkan kerekatan serat grafit dan resin. Hal ini dapat membuat raket keluaran Yonex lebih ringan dibandingkan raket milik brand lainnya.

3. Teknologi nanometric

Selain mineral grafit, teknologi nanometric juga dapat membuat raket lebih ringan. Bahkan dengan menggunakan teknologi ini, raket akan lebih mudah dikontrol.

Cara Memilih Raket Yonex

Setelah mengetahui perbedaan raket Yonex asli dan palsu, ada beberapa tips memilih raket Yonex diantaranya adalah :

1. Pastikan produk adalah asli

Anda dapat memastikannya sesuai dengan ulasan sebelumnya, setidaknya ada 11 poin yang dapat diperiksa untuk menilai apakah raket asli atau palsu.

2. Periksa material dan ketebalan frame

Bahan yang digunakan untuk pembuatan raket Yonex adalah titanium, serat grafit, alumunium, dan lain sebagainya. Masing-masing bahan ini memiliki pengaruh tersendiri. Sementara itu, frame raket terdiri dari tiga jenis yaitu tipis, sedang, dan sangat tipis.

3. Perhatikan bobotnya

Raket Yonex memiliki beban yang berbeda sesuai dengan ukuran dan bahan bagian kepala. Ukuran ini digambarkan dengan 2U atau 3U. Sesuaikan dengan permainan yang akan Anda lakukan. Namun jika Anda ingin melakukan relly panjang, Anda bisa menggunakan raket berbobot 4U.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan raket Yonex asli dan palsu. Pastikan Anda membelinya di official storenya. Bagaimana pun, kadang ada barang imitasi yang dibuat sangat mirip.

Exit mobile version