4 Fakta Menarik Miguel Oliveira, Pemenang MotoGP Mandalika 2022

Pada Minggu, 20 Maret kemarin baru saja digelar pertandingan MotoGP pertama kalinya sepanjang sejarah di Indonesia. Seorang racing Portugal dari tim Red Bull KTM berhasil meraih podium pertama Kejuaraan Dunia MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung di Pertamina Intenational Circuit. Pebalap bernama asli Miguel Angelo Falcao de Oliviera mencatat waktu tercepat yakni 33 menit 27,233 detik. Pebalap kelahiran 4 Januari 1995 itu berhasil melesat cepat meskipun memulai dari posisi ketujuh.

Siapa sih Miguel Oliviera? Ketahui lebih lanjut pembalap satu ini lewat empat fakta menariknya yuk!.

1. Berasal dari keluarga pembalap

Miguel Oliviera memenangkan kejuaraan MotoGP Mandalika 2022. (instagram/88migueloliveira)

Asal-usul Oliviera menjadi pembalap ternyata merupakan hasil turunan dari ayahnya, Paulo Oliveria yang merupakan mantan pembalap motor, ia selalu mendukung kecintaan putranya pada balap meskipun olahraga ini tergolong ekstrem.

Bahkan pembalap kelahiran Pragal, Almada, Portugal memulai kiprah di kariernya sebagai pebalap pada kejuaraan nasional saat berusia sembilan tahun di Kejuaraan MiniGP Portugal pada tahun 2004, dan berhasil membawa pulang penghargaan Young Promise of the Year di Portugal.

2. Rider hebat dari Red Bull KTM

Miguel Oliviera memenangkan kejuaraan MotoGP Mandalika 2022. (instagram/88migueloliveira)

Oliviera bergabung dengan Red Bull KTM Ajo di Moto2, sejak saat itu ia berhasil menoreh banyak prestasi seperti merebut posisi 2 tahun 2015 dengan 6 kemenangan, 9 podium, dan satu kali pole positions.

Kariernya kembali memuncak ketika meraih prestasi terbaik dengan peringkat ketiga klasemen dan peringkat 2 di tahun 2018, ini lah yang menghantarkan pembalap ini ke MotoGP.

Meskipun kariernya dalam dunia balap tidak semulus yang terlihat, perlahan tapi pasti Oliveira kembali membuktikan dirinya melalui 2 kemenangan dan 2 podium pada MotoGP 2020 yang kemudian membuatnya bergabung dalam tim pabrikan Red Bull KTM Racing di musim 2021.

Olievera mengaku sempat digoda oleh tim Minster Energy Yamaha di musim 22. Namun demikian, pebalap itu memutuskan untuk setiap pada KTM.

3. Tidak hanya pembalap, tapi juga dokter gigi

Miguel Oliviera memenangkan kejuaraan MotoGP Mandalika 2022. (instagram/88migueloliveira)

Sudah terhitung delapan tahun kiprahnya dalam dunia balap, Miguel Oliviera rupanya juga membagi waktu untuk mewujudkan cita-citanya yang lain, yakni menjadi dokter gigi.

Tahun 2017, Pebalap 27 tahun itu mengambil kuliah kedokteran gigi sebelum akhirnya membuka praktek pribadi pada 2019. Beberapa kali kesempatan dokter gigi itu juga mengaku pernah memerika teman-temannya yang berasal dari dunia balap di kliniknya.

Meskipun sudah disibukkan sebagai seorang pembalap, Olivier tidak menyurutkan mimpinya untuk menjadi dokter gigi. Ketika pensiun dari dunia balap kelak, ia akan lebih fokus menjalani profesi sebagai dokter.

4. Menikah dengan saudari tiri

Miguel Oliviera dan Andreia Pimenta menikah tahun 2021. (instagram/88migueloliveira)

Olivier menikahi Andreia Pimenta, saudara tirinya sendiri. Keduanya menikah pada Juli 2021. Andreia adalah anak dari istri ayah Miguel yang kedua. Menurut berbagai sumber, Miguel dan Andreia bertemu sejak keduanya berumur 13 tahun, tapi ketika ayah Miguel menikahi Cristina, ibu Andreia, keduanya menjadi teman dekat yang kemudian menjalin hubungan asmara. Miguel dan Andreia sudah menjalin hubungan selama 11 tahun secara sembunyi-sembunyi, sebelum akhirnya dipublikasikan tahun 2019.

Dari pernikahan tersebut, Miguela dan Andreia Pimenta telah memiliki seorang anak perempuan yang namanya belum dibeberkan ke publik. Sebelum berangkat ke Indonesia, pebalap kenamaan ini berjanji membawakan piala untuknya, kini sang ayah dapat menepatinya.

Setelah mencatat sejarah sebagai pemenang di balapan MotoGP Mandalika, Olivier mengumpulkan 25 poin dan menuju ke poisisi keempat klasemen sementara. Sebelumnya pebalap itu gagal finis di seri pembuka musim 2022 Grand Prix Qatar.

Exit mobile version