8 Ciri-Ciri Kucing Anggora dan Cara Merawatnya

Ciri-ciri kucing Anggora. (Hipwee)

Salah satu hewan yang banyak dipelihara adalah kucing. Sebab sifatnya yang lucu, usil, dan aktif dapat menghilangkan stres si pemilik. Kucing memiliki banyak jenis namun yang paling banyak digemari oleh pecinta kucing adalah kucing Anggora.

Namun untuk membedakan kucing Anggora dengan kucing lainnya bisa dibilang susah susah gampang. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli dan merawat kucing ini, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kucing Anggora dan cara merawatnya.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Ciri-ciri kucing anggora
Seekor kucing Anggora. (Logo)

Kucing Anggora memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan kucing lainnya, diantaranya adalah :

1. Bentuk kepala

Meskipun mirip dengan kucing lokal, namun sebenarnya kepala kucing Anggora memiliki bentuk seperti segitiga terbalik. Dimana bagian atas lebih lebar dan lancip pada bagian dagu. Selain itu, bulu pada bagian kepala tidak terlalu panjang.

2. Telinga

Telinga kucing jenis ini berbentuk lebar pada bagian bawah, sedangkan bagian ujung telinga mengerucut menyerupai segitiga. Kedua telinganya memiliki jarak yang berdekatan. Bulu pada telinganya lebat dan panjang.

3. Bentuk mata

Kucing Anggora memiliki bentuk mata seperti almond dan berwarna kuning. Namun ada beberapa Anggora yang memiliki warna mata unik karena adanya kelainan. Seperti mata berwarna biru pada anggora putih yang disebabkan oleh gangguan pendengaran.

4. Hidung

Hidung pada kucing Anggora terlihat lebih mancung dan sedikit lonjong. Apabila Anda lihat lebih dekat, hidungnya mengarah ke atas sehingga lubang dapat terlihat dengan jelas.

5. Bentuk tubuh

Tubuh kucing Anggora berbentuk panjang dan ramping. Bagian belakang tubuhnya lebih tinggi dibandingkan bagian depan. Selain itu, kucing jenis ini memiliki struktur tulang yang bagus dan memiliki tonjolan tulang pada badannya.

6. Ekor

Ekor Anggora memiliki bentuk panjang dengan bulu yang lebat. Bahkan jika Anda bisa merawatnya dengan baik, ekor akan semakin mengembang seperti kemoceng.  

7. Bulu

Daya tarik kucing ini juga ada pada bulunya yang panjang dan memiliki lapisan tunggal. Meskipun begitu apabila dibandingkan dengan kucing lokal, kucing anggora tidak memiliki bulu yang lebih tebal. Namun jika cuaca lebih dingin, bulu akan tumbuh lebih tebal dan panjang.

8. Berat dan masa hidup

Berat kucing Anggora jantan umumnya adalah 5kg, sedangkan betina memiliki berat lebih ringan dibandingkan Anggora jantan. Masa hidup kucing Anggora sekita 9-14 tahun.

Nah, itulah ciri-ciri kucing anggora yang bisa Anda perhatikan apabila ingin membeli atau mengadopsinya di toko hewan.

Cara Merawat Kucing Anggora

Seekor kucing Anggora. (Merdeka.com)

Karena ciri-ciri kucing Anggora sedikit berbeda dengan kucing lainnya, maka perlu melakukan perawatan yang sesuai. Berikut ini tips merawat kucing Anggora, yaitu :

1. Berikan lebih banyak ruang

Kucing jenis ini memiliki perangai yang aktif dan suka bermain. Sehingga Anda perlu memberikan ruang yang luas agar kucing Anggora bisa bermain dengan leluasa. Selain itu, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk bermain bersama agar si kucing mendapatkan kasih sayang yang cukup.

2. Berikan makanan yang berkualitas

Makanan menjadi kebutuhan utama kucing, sehingga Anda harus memperhatikannya dengan baik. Sebab makanan dengan kualitas terbaik dapat memenuhi asupan gizi kucing. Usahakan untuk memberikan pakan kucing yang memiliki protein 40 persen ke atas.  

3. Jangan lupa sisir bulunya

Menyisir bulu kucing setiap hari akan menjaga bulunya tetap cantik. Anda bisa menggunakan sikat logam dan sesuaikan sikat dengan panjang bulu kucing.

4. Potong kukunya

Kuku yang panjang dapat menyebabkan banyak bakteri menempel. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus memotongnya 2 minggu sekali atau sebulan sekali.

5. Bersihkan telinganya

Meskipun kucing mampu membersihkan telinganya sendiri, Anda harus tetap membersihkannya seminggu sekali. Sebab kucing tidak dapat membersihkan semua kotoran tersebut.

6. Sikat gigi kucing

Tahukah Anda apabila gigi kucing tidak dirawat, kucing bisa mengembangkan penyakit periodontal? Oleh karena itu, Anda harus menyikat giginya dengan pasta gigi khusus kucing dan sikat gigi yang lembut.

Itulah 6 cara merawat kucing Anggora yang perlu Anda lakukan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap ke dokter hewan minimal 1-2 bulan sekali, ya. Sehingga Anda bisa mengontrol kesehatan kucing.

Harga Kucing Anggora

Kucing Anggora. (RimbaKita)

Apabila Anda ingin membeli kucing Anggora, Anda perlu mengetahu rentang harganya sesuai dengan usia dan peranakannya.

Harga tersebut dapat berubah sesuai dengan klinik hewan atau keadaan si kucing. Jadi, sebelum membeli kucing tersebut jangan lupa untuk menanyakan kondisinya.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri kucing Anggora, cara merawatnya, hingga harga. Jika Anda memutuskan untuk membeli atau mengadopsi kucing jenis ini, pastikan terlebih dahulu apakah Anda bisa merawatnya atau tidak.

Exit mobile version