3 Cara Buat Slide Feed Nyambung di Instagram Bikin Makin Kece

Bikin slide feed nyambung di instagram bisa bikin akun kamu lebih rapih, unik, dan aesthetic. Gimana caranya?

Instagram jadi salah satu media sosial yang punya paling banyak pengguna di dunia. Instagram menawarkan fitur untuk membagikan momen yang berisi foto dan video. Meskipun fungsi ini perlahan diubah ketika melihat kompetitornya yang semakin bersaing, instagram tetap menjadi media sosial yang akan menyimpan banyak kenangan penggunanya melalui insta story dan feed.

Instagram menghadirkan fitur Multiple Panoramic di mana kamu bisa mengunggah banyak momen hanya dalam satu feed. Karena itulah para pengguna kerap kali menemukan cara untuk dapat mengunggah momen mereka dengan cara lebih kece dan unik. Contohnya melihat feed instagram dari boyband asal Korea Selatan TXT, yang seakan-akan menyambung dari slide satu ke slide lainnya bikin penggemar penasaran gimana sih caranya? Ternyata gampang banget, lho!

Untuk edit foto bikin slide feed nyambung kamu bisa menggunakan device apapun dan hanya membutuhkan satu aplikasi yaitu Canva. Tapi kalau tidak punya aplikasi tersebut, tidak perlu khawatir sebab Canva juga dapat diakses melalui website. Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut.

Apa itu Canva?

Cara buat slide feed nyambung di Canva
Ilustrasi Canva (Pexels/Cottonbro)

Canva merupakan platform desain grafis yang paling sering digunakan belakangan ini. Situs sekaligus aplikasi tersebut menyediakan fitur-fitur untuk memudahkan penggunanya diberbagai media sosial, termasuk instagram post. Canva juga biasa digunakan untuk membuat poster, dokumen, dan konten visual lainnya.

Platform visual ini juga ramah untuk pengguna media sosial instagram karena tersedia banyak contoh atau template berbentuk instastory maupun feed dan highlight. Platform tersebut juga menyediakan elemen-elemen tambahan untuk mempercantik canvasmu dengan 250.000+ template gratis untuk konten grafis, foto, hingga video.

Canva dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile, platform ini juga dapat dibuka melalui aplikasi maupun website. Mudah dan praktis bukan?

Cara Membuat Slide Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Mengunggah konten yang aesthetic di instagram akan menambah akun menjadi lebih “enak” untuk dilihat maupun dikunjungi. Tidak heran jika banyak yang rela meluangkan waktu untuk sekadar mengedit foto atau videonya sebelum diunggah ke instagram.

Salah satu upaya untuk mengunggah foto yang aesthetic, unik, dan menarik adalah menggunakan teknik upload foto nyambung per-slide yang dapat diciptakan menggunakan Canva.

Slide Feed Instagram Nyambung

  1. Buka aplikasi Canva
  2. Atur ukuran kanvas yang akan digunakan, sesuaikan dengan banyak foto yang mengisi slide foto. 1 foto berukuran 1080 x 1080px, apabila kamu ingin mengunggah 5 foto yang menyambung maka ukuran panjang foto menjadi 5400 x 1080px (1080px x 5 foto).
  3. Klik menu Grid, pilih item sesuai dengan banyak foto yang akan kamu unggah. Misalnya 5 foto, maka pilih yang berisi lima foto.
  4. Cari Line atau Garis untuk menjadi pembatas setiap foto. Langkah ini dimaksudkan agar foto dapat berukuran sama, dan kamu tahu dibagian mana pembaginya.
  5. Hapus Grid foto. Sisakan pembatas fotonya saja.
  6. Unggah foto yang akan kamu tempelkan dalam kanvas.
  7. Atur foto dengan ukuran sesuai yang kamu inginkan.

Langkah selanjutnya kamu bisa membagi gambar satu persatu, setelah itu unggah di instagrammu. Tapi adapula cara cepat yang instan untuk crop foto sesuai ukuran melalui web image splitter online dari pinetools.com.

Split Image Online untuk Instagram Pinetools

Platform untuk split image atau memisahkan gambar secara horizontal, vertikal, atau keduanya. Melalui Pinetools.com kamu juga bisa memilih ukuran dan/atau jumlah gambar yang akan dihasilkan secara instan.

  1. Unggah foto yang sudah kamu edit di Canva sebelumnya.
  2. Pilih menu Horizontally.
  3. Atur berapa block yang akan dibagi dalam foto. Misalnya tadi foto diatur untuk berisi 5 block, maka pilih jumlah 5 block.
  4. Klik Split Image. Kemudian tunggu foto kamu sedang diproses.
  5. Download foto.
  6. Setelah selesai kamu bisa langsung mengunggah foto slide instagram yang nyambung.

Tidak hanya bisa berisi foto yang nyambung, kamu juga bisa menyisipkan video di tengah foto slide tersebut.

Itu dia cara untuk menyambungkan foto pada satu slide di instagram. Bentuk unggahan seperti ini akan membuat akun instagram kamu lebih trendy dan menarik untuk dikunjungi, lho!

Aplikasi untuk Atur Feed Instagram Sebelum Posting

Langkah berikut ini biasanya dilakukan bagi orang-orang yang mementingkan kerapihan feed pada profilnya atau sekadar melihat apakah konten tersebut cocok untuk dimasukkan ke dalam instagram sebelum diposting.

Langkah tersebut juga biasa dilakukan oleh influencer atau pelaku bisnis di instagram agar feed instagramnya terlihat lebih rapi. Aplikasi mengatur feed instagram bisa digunakan untuk memprediksi tampilan feed kamu serta mengatur urutan postingan atau tata letak sebelum mengunggah konten di instagram dengan bantuan dari aplikasi gratis lainnya.

Aplikasi bernama PREVIEW menawarkan fitur-fitur di dalamnya yang dapat kamu nikmati.

Tips Postingan Muncul di Explore Instagram

Instagram selama ini dikenal sebagai aplikasi berbagi foto. Aplikasi yang diluncurkan tahun 2010 ini mengubah fokus pada video dengan memperbarui ataupun meng-upgrade beberapa kategori pada aplikasinya.

Mengingat pernyataan yang dibeberkan oleh Head of Instagram, Adam Mosseri, beberapa waktu lalu di twitter. Mosseri mengaku instagram akan terus mengembangkan fitur baru khusus untuk video. Hal ini dibuktikan Instagram sedang gencar-gencarnya mengembangkan untuk fitur Instagram Story, IGTV, dan Instagram Reels. Selain itu unggahan feed yang berisikan video akan memiliki peluang lebih banyak untuk lewat di beranda pengguna lainnya. Berikut ini adalah tips agar postingan kamu muncul di explore instagram banyak orang.

  1. Pastikan Instagram tidak dikunci (atau private)
  2. Buat postingan yang menarik. Kamu juga bisa pakai tips slide feed nyambung di atas lho!
  3. Re-share di Insta Story agar followers kamu juga bisa lihat postingan terbaru
  4. Gunakan hastag populer
  5. Interaksi dengan followers atau non-followers kamu. Dengan cara berikan suka, komentar, dan bagikan ulang

Nah, itu dia cara buat slide feed nyambung dan tips agar postingan kamu muncul di explore. Mudah diikuti bukan? Selamat mencoba!

Exit mobile version