8 Cara FYP di TikTok dengan Cepat, Ayo Dicoba!

Apakah kamu baru mulai menjadi konten kreator di tiktok? Ketahui rahasia biar bisa FYP di Tiktok dengan mudah yuk!

TikTok menjadi salah satu media sosial terpopuler sepanjang tahun 2021 hingga 2022. Sebagai salah satu aplikasi yang menjual daya tarik berisikan video-video kreatif dengan durasi 15 detik sampai 3 menit, media sosial ini mulai melahirkan kreator-kreator TikTok. Kreator TikTok ini dapat menghasilkan uang hanya dengan membuat video.

Tetapi adapula memanfaatkan TikTok sebagai media untuk promosi produk dan menjualnya di TikTok shop. Salah satu tantangan terbesar adalah memasuki FYP banyak orang agar produk dapat terjual dengan banyak dan video dapat disaksikan banyak orang.

Apa itu FYP?

Menjadi kreator baru di TikTok memang cukup sulit untuk dapat muncul di For Your Page atau FYP. Apa sih sebenarnya FYP itu? FYP merupakan halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali saat membuka aplikasi TikTok. FYP ini diibaratkan sebagai “Beranda”, bila melirik media sosial lain.

Dalam FYP ada ribuan jenis video yang dapat ditemui. Melalui ini pula pengguna bisa menjadi viral di TikTok. Tetapi untuk muncul di FYP akun seseorang, TikTok akan menyesuaikan sesuai dengan kepopuleran dan algoritma dari akun tertentu, sehingga video yang muncul kebanyakan tentang minat dari pemilik akun.

Cara FYP di TikTok untuk Content Creator Pemula

Berikut beberapa tips dan trik yang bisa kalian gunakan untuk menambah kemungkinan video kalian tampil di FYP, simak 8 cara fyp di Tiktok dibawah ini:

1. Manfaatkan 3 detik pertama dengan baik

FYP juga ditentukan oleh banyaknya view, like, komentar, dan share dari pengguna lain di video kamu. Untuk mendapatkan banyak view atau orang yang menonton juga memerlukan beberapa trik yang harus kamu lakukan.

Kamu harus memperhatikan tiga detik pertama video yang kamu unggah. Apa maksudnya?

Percaya atau tidak, tiga detik pertama ini akan menentukan video kamu ditonton sampai habis atau tidak oleh pengguna lain. Sebab apabila video tersebut ditonton sampai selesai, berarti menurut algoritma TikTok video tersebut dianggap menarik yang akan membawa video tersebut viral bahkan trending, tentunya video tersebut akan diteruskan ke lebih banyak FYP orang.

2. Tentukan niche akun Tiktok

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membangun branding dari akun TikTokmu. Kamu harus tahu tujuan kamu untuk membuat akun TikTok. Apakah itu untuk berjualan? mereview barang? atau hanya untuk sekadar hiburan dengan melakukan tarian-tarian TikTok.

Jika kamu sudah tahu identitas akunmu, cobalah untuk konsisten mengisi akun dengan video yang serupa. Maka secara perlahan akun kamu akan dibawa oleh algoritma TikTok menuju ke FYP dari orang-orang yang tertarik dengan isi konten yang kamu buat. Sejatinya ini akan membawa akun kamu lebih cepat mendapatkan followers dan viewers.

Baca juga: 7 Cara Agar Reels Instagram Masuk FYP dengan Cepat

3. Menggunakan sound yang sedang trending

TikTok tidak lengkap jika tidak ada backsound yang sedang trending. Setiap minggunya pasti ada saja lagu-lagu baru yang akan viral di TikTok. Kebanyakan lagu tersebut akan digunakan oleh banyak orang, yang secara otomatis akan muncul di FYP. Untuk cek websitenya klik disini.

Inilah kuncinya! Menggunakan sound yang sedang trending. Sound yang trending tersebut akan membantu “mengangkat” videomu menuju FYP. Tidak menutup kemungkinan juga orang-orang akan scrolling isi sound tersebut, bisa saja videomu muncul dan dilihat banyak orang.

4. Mengikuti tren yang sedang berlangsung

Selain sound, kamu juga harus peka terhadap tren-tren TikTok yang sedang berlangsung. Kali ini terdapat fitur asli dari TikTok yang bisa membuat kamu mengetahui video apa yang sedang viral. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mencari video-video yang sedang trending pada hari ini.

Ikuti caranya berikut ini.

5. Rajin upload video 2-3 per hari

Tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk masuk di FYP TikTok. Terkadang orang yang bersungguh-sungguh belum bisa menebus FYP ribuan orang dan perlu kerja keras agar dapat mencapai tujuan.

Tapi tenang saja, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Coba untuk rajin upload video 2-3 per hari atau minimal 5 kali dalam seminggu saat kamu menjadi pemula untuk menjadi content creator. Kamu juga bisa mengunggah video yang sama di hari yang berbeda. Siapa yang tahu jika salah satu videomu kelak akan muncul di FYP?

6. Gunakan hastag yang sesuai dengan isi konten

Kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan hastag yang sedang trending atau sesuai dengan video kamu. Ini juga akan membantu kamu untuk mendapatkan viewers dari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan isi kontenmu.

Tapi sebenarnya cara ini juga tidak bisa dibilang ampuh, tapi apa salahnya mencoba?

7. Upload video pada jam fyp Tiktok

Apakah kamu masih percaya dengan jadwal jam terbaik untuk upload video agar FYP?

Tahukah kamu, sebenarnya setiap jam tersebut tidak begitu ngaruh karena setiap akun sebenarnya memiliki jam “tepat” untuk uploadnya sendiri. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ya.

Jadi setiap content creator itu memiliki jam FYP yang berbeda-beda

8. Gunakan aplikasi Tambahan

Aplikasi ForYou merupakan aplikasi yang dapat menilai berapa persen video kamu akan masuk di FYP. Caranya sangat mudah karena aplikasi ini dapat digunakan baik untuk pengguna iOS maupun Android.

Nah itu dia cara FYP di Tiktok dengan cepat 2022. Gunakan ide kreatif kalian untuk membuat video-video menarik, yang paling penting adalah konsisten untuk membuat konten dan tetap semangat!

Exit mobile version