Gaji Pemetik Buah di Australia 30 Dollar per Jam, Mau?

gaji pemetik buah di australia

Beberapa imigran Indonesia yang datang ke Australia menekuni pekerjaan sebagai pemetik buah. Jangan salah ya, besaran gaji pemetik buah di Australia tidaklah kecil. Jika dibanding Indonesia, gaji disana tentu akan lebih besar.

Sistem kerja pemetik buah di Australia ini cukup fleksibel dan terbuka untuk hampir semua orang, baik itu yang ingin bekerja secara full time, part time, atau traveller yang hanya ingin menutup biaya perjalanannya.

Artikel ini akan memberikan ulasan lebih lanjut mengenai besaran gaji pemetik buah di Australia berdasarkan data yang ada dan gambaran singkat mengenai kehidupan pemetik buah disana, tanpa mencampuradukan ulasan dengan visa.

Musim Petik Setiap Buah Berbeda

Perlu Anda ketahui, musim petik atau panen setiap buah maupun sayur itu berbeda. Ini tergantung buah dan sayuran apa yang ditanam dan di daerah mana tanaman tersebut tumbuh.

Misalnya, buah apel yang tumbuh di daerah Queensland memiliki masa petik sekitar Februari hingga Maret. Sementara, buah apel yang tumbuh di daerah New South Wales memiliki masa petik sekitar Februari hingga April, dan seterusnya.

Gaji Pemetik Buah di Australia

Perhitungan gaji pemetik buah di Australia berdasarkan beberapa hal. Diantaranya sebagai berikut:

Gaji Pemetik Buah di Australia Berdasarkan Tipe Pekerjaan

Gaji pemetik buah di Australia antara satu orang dengan lainnya bisa berbeda. Hal ini karena ada dua tipe pekerjaan yang bisa dipilih oleh para pemetik buah disana.

Berdasarkan laporan terbaru dari indeed Australia pada Jumat (25/01/2022) lalu, gaji pemetik buah di Australia bisa mencapai minimal $29,50 dolar Australia atau setara Rp 290.000-an per jam dan $57,525 per tahunnya atau sekitar 570.000.000 Rupiah. Ini berlaku untuk pemetik buah di Aussie pada umumnya.

Tipe pertama ini sangat cocok untuk Anda pilih, jika memang Anda baru ingin menekuni pekerjaan sebagai pemetik buah di Aussie atau yang fokusnya untuk liburan dan tetap menghasilkan uang.

Sebab, sebagai pemetik buah pemula, rata-rata staminanya belum terlalu bagus jika harus bekerja di bawah terik matahari setiap hari. Sementara, pekerjaan dengan bayaran per jam ini dinilai akan lebih santai dan fleksibel untuk Anda lakukan. Meskipun stamina Anda tidak terlalu bagus untuk bekerja di bawah terik matahari, Anda masih tetap bisa istirahat saat lelah, tanpa mengurangi gaji yang didapat.

Lain halnya dengan tipe pertama. Gaji pemetik buah di Australia tipe kedua ini dinilai lebih besar daripada gaji tipe pertama. Dengan jam kerja yang singkat dan hasil buah yang berhasil dipetik banyak, maka setiap minggunya, Anda bisa berpotensi mendapat gaji sekitar 3.000 dolar Australia atau setara Rp 30.000.000.

Besaran gaji ini hanya didapat jika Anda tergolong pemetik buah profesional dengan kondisi fisik yang bagus, keterampilan memetik yang lincah, pengalaman kerja yang mumpuni, dan memiliki orientasi tinggi untuk mengumpulkan banyak uang.

Gaji Pemetik Buah di Australia Berdasarkan Kondisi Pekerjaan

Nah, jika diatas sudah kami ulas mengenai gaji pemetik buah di Australia berdasarkan tipe pekerjaan. Selanjutnya, kami akan mengulas mengenai gaji pemetik buah di Australia berdasarkan kondisi pekerjaan, bahwa masing-masing pekerja akan mendapat gaji yang berbeda tergantung dari tempat kerja dan kontrak yang dilakukan.

Semakin sulit pekerjaan yang Anda lakukan, semakin tinggi pula gaji yang bisa Anda dapatkan. Gaji ni biasanya akan dibayar dengan cara transfer maupun dalam bentuk cash setiap minggunya berdasarkan tipe pembayaran yang Anda pilih (per jam atau per buah).

Gaji Pemetik Buah di Australia Berdasarkan Umur

Pembayaran gaji berdasarkan umur ini cukup unik. Sebab, walaupun Anda dan rekan Anda melakukan pekerjaan yang sama, tetapi memiliki umur yang berbeda, maka gaji yang didapat juga berbeda.

Gaji Pemetik Buah di Australia Berdasarkan Jam Kerja

Beda dengan Indonesia, di Australia para pemetik buah bisa bekerja hingga malam dan saat hari libur. Bayaran yang didapat para pemetik buah yang bekerja di malam hari (sekitar jam 6 sore ke atas) bisa lebih tinggi daripada yang bekerja pada siang hari. Sementara itu, bayaran yang didapat para pemetik buah yang bekerja di hari libur bisa mencapai 43 AUD (Rp 410.000) per jam atau dua kali lipat daripada bayaran di hari biasa.

Tipe Pembayaran Gaji

Para pemetik buah di Aussie bisa digaji berdasarkan jumlah ember yang berhasil Anda isi dan berdasarkan berat. Untuk tipe pertama, gaji setiap ember bervariasi, yakni sekitar 60 hingga 80 AUD (Rp 580.000 – Rp 770.000) per ember. Untuk tipe kedua, para bos akan menimbang berat buah yang berhasil Anda petik dan membayarnya sesuai dengan berat tersebut.

Kehidupan Pemetik Buah di Australia

Gaji pemetik buah di Australia yang tergolong sebagai pemula dan profesional tentu berbeda. Sebagai pemetik buah pemula, jangan pernah berharap bisa langsung mendapat gaji besar. Ini sangat sulit. Sebab, sebagai pemula Anda masih belum mengetahui teknik memetik buah yang benar dan cepat.

Namun, seiring berjalannya waktu yang ditunjang dengan keterampilan memetik semakin bagus, Anda bisa mendapat gaji yang lebih besar. Tergantung juga dari kesepakatan perjanjan kontrak yang Anda buat bersama bos Anda.

Kesepakatan kontrak kerja ini biasanya disebut dengan perjanjian kolektif, yaitu perjanjian yang mengatur pemberian gaji dari bos kepada pekerja. Disini tidak ada jaminan pasti bahwa Anda akan selalu mendapat gaji minimal sesuai upah minimum.

Jika kinerja Anda lambat, Anda akan mendapat gaji di bawah upah minimum dan ini masih sah. Sementara, jika kinerja Anda bagus, maka Anda bisa mendapat bayaran 15-20% lebih besar daripada upah minimum yang termasuk ke dalam insentif kerja.

Dengan begitu, Anda harus paham betul mengenai isi perjanjian ini. Memastikan bahwa harga satuan dan detail ketentuan lainnya tertera jelas dalam kontrak sebelum  Anda menyetujuinya.

Jam Kerja

Jam kerja pemetik buah di Australia saat musim panen dan tidak, itu berbeda. Ketika musim panen tiba, bos Anda biasanya ingin Anda bekerja seproduktif mungkin. Anda diminta untuk bekerja selama 6-7 hari dalam seminggu.

Kondisi Kerja

Siapa saja bisa bekerja sebagai pemetik buah di Australia, asalkan memiliki kondisi fisik yang fit dan stamina terjaga. Baik itu Anda sebagai perempuan maupun laki-laki, Anda sebagai orang yang berotot kekar maupun biasa saja. Setiap orang memiliki tempatnya masing-masing dan tidak jarang pekerja perempuan justru biasanya lebih lincah dalam mengerjakan tugas tertentu daripada pria.

Hak Pekerja

Meskipun Anda adalah seorang pekerja asing, Anda tetap mempunyai hak sebagaimana pekerja asli Australia. Jangan sampai Anda dieksploitasi oleh bos Anda.

Pastikan bahwa Anda bisa bekerja dengan baik dan layak mendapat bayaran sesuai gaji minimum di sektor Anda bekerja. Mintalah detail pembayaran seperti pajak, ABN, dan lainnya.

Jika sekiranya bos Anda tidak membayar sesuai dengan ketentuan gaji minimun, Anda bisa menghubungi Fairwork di http://www.fwa.gov.au/ , agensi pemerintah yang memiliki tanggung jawab mengenai dunia pekerjaan.

Akomodasi

Bekerja akan lebih mudah jika Anda memiliki kendaraan pribadi dan akomodasi. Apalagi jika tempat tinggal Anda jauh dari tempat kerja dan disana sangat jarang kendaraan umum.

Pada umumnya, tempat Anda bekerja akan menyediakan karavan, tenda atau ruangan, hingga shuttle untuk pekerjanya (ada yang gratis dan berbayar). Beberapa tempat kerja bahkan menyediakan peralatan memasak dan fasilitas lain seperti mesin cuci untuk para pekerjanya dan tempat sholat untuk yang beragama Islam.

Makanan

Jika sudah bekerja di ladang, Anda akan sulit untuk bisa pergi kemana-mana, termasuk untuk membeli makanan atau memasak makanan. Padahal, makanan menjadi hal krusial atau tanggung jawab jawab Anda sendiri untuk bisa bertahan dan menciptakan kondisi kerja sekondusif mungkin.

Maka dari itu, saat pertama kali Anda tiba disana, tanyalah kepada bos atau staf disana, dimana tempat untuk membeli makanan, dimana tempat untuk membeli perlengkapan memasak yang cocok, hingga dimana tempat pembelanjaan bahan makanan. Sebab, tempat pembelanjaan juga akan sangat jarang Anda temui disana.

Hubungan dengan Pekerja Lain

Bekerja sebagai pemetik buah di Australia akan memberikan pengalaman menarik untuk Anda. Anda bisa bertemu banyak teman dari berbagai negara dan mengetahui karakter satu sama lain. Tidak menampik, bahwa tidak semua pekerja bisa bersikap baik pada Anda. Akan tetapi, dari sanalah akan tercipta pengalaman baru yang lebih mengesankan.

Pekerjaan ini didesain sangat fleksibel, sehingga tidak akan mengikat waktu. Anda bisa dengan mudah mengganti pekerjaan sebagai pemetik buah dengan pekerjaan lain yang menurut Anda lebih menguntungkan. Namun jangan salah, gaji pemetik buah di Austalia bisa besar jika Anda menerapkan beberapa tips berikut:

  1. Petiklah menggunakan dua tangan Anda.
  2. Bawalah ember kosong naik ke atas pohon dan mulailah memetik buah dari bagian atas kemudian turun sedikit demi sedikit hingga ember penuh.
  3. Jaga selalu kualitas buah yang Anda petik, jangan sampai lecet.
  4. Jika Anda memiliki teman, cobalah untuk mengajaknya bekerja sama untuk saling membantu.
  5. Cari teknik petik buah yang cocok dengan Anda.
  6. Lakukan yang terbaik sejak hari pertama.

Tips di atas sangat berguna jika tempat Anda bekerja memberi gaji berdasarkan kinerja para pekerjanya. Coba dan buktikan saja!

Pakaian yang Tepat

Pakailah pakaian yang tepat saat bekerja. Anda bisa memakai sarung tangan, sepatu karet, dan pakaian yang cocok untuk melindungi tubuh dari serangga dan serangan matahi panas pada musim tertentu.

Cara Menghindari SCAM Kerja di Australia

Disini, penipuan kerap kali terjadi. Daerah-daerah yang menjadi sasarannya adalah daerah-daerah yang terkenal sebagai tempat petik buah, seperti Shepparton, Bundaberg, dan Gatton. Maka dari itu, jangan pernah Anda membayar akomodasi di muka. Jika sudah terlanjur dan terjadi masalah dengan pembayaran, Anda bisa segera menghubungi Fair Work mbudsman di https://www/fairwork.gov.au/.

Itulah ulasan mengenai gaji pemetik buah di Australia dan sedikit gambaran kehidupan kerja disana. Apakah Anda tertarik untuk bekerja disana sebagai pemetik buah atau pemetik sayur? Cobalah, jangan gengsi jika memang minat. Sebab, beberapa pekerja dari Indonesia bisa sukses disana. Meskipun sebelum berangkat, karirnya di Indonesia terbilang mapan.

Exit mobile version