KUR Bank Sumut 2024 : Syarat, Pengajuan dan Simulasi

KUR Bank Sumut memang memiliki target khusus untuk kalangan pelaku bisnis mikro yang berada di daerah Sumatera Utara. Bank daerah ini bukan hanya memiliki layanan KUR saja, melainkan berbagai jenis layanan perbankan lainnya untuk masyarakat Sumatera Utara.

Maka untuk Anda yang bertempat tinggal atau memiliki bisnis di area Sumatera Utara, sangat disarankan untuk mengambil pinjaman KUR di bank Sumut ini.

Syarat Pinjaman KUR Bank Sumut

Sama seperti syarat pengajuan pinjaman KUR di bank lainnya, Bank Sumut juga memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh setiap peminjam KUR.

Bank Sumut menyediakan jenis pinjaman KUR untuk perorangan dan juga untuk perusahaan atau Badan Usaha. Pastikan untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum Anda mengajukan pinjaman KUR di bank ini.

Syarat umum yang berlaku untuk pinjaman KUR perorangan di antaranya adalah sebagai berikut :

Syarat KUR Bank Sumut untuk Perorangan

Syarat pinjaman KUR Bank Sumut untuk perorangan adalah sebagai berikut :

  1. Formulir pengajuan KUR yang sudah diisi lengkap dengan data terbaru
  2. Fotokopi KTP dan KK suami istri
  3. Pas foto berwarna ukuran 3×4
  4. Surat Keterangan Usaha atau SIUP

Syarat KUR Bank Sumut untuk Perusahaan

Sedangkan untuk pinjaman KUR untuk perusahaan atau Badan Usaha memiliki syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  1. Formulir pengajuan pinjaman KUR yang diisi dengan data perusahaan atau badan usaha dengan jelas, benar dan akurat
  2. Fotokopi KTP pengurus perusahaan atau badan usaha
  3. Akta perusahaan dan akta pendiriannya
  4. Surat Keterangan Usaha atau SIUP
  5. Laporan keuangan perusahaan atau badan usaha
  6. Fotokopi NPWP jika mengajukan pinjaman KUR dengan jumlah lebih dari 50 juta rupiah

Pastikan untuk melengkapi semua berkas dokumen yang diperlukan di atas dan letakkan dalam map khusus. Datang ke kantor bank Sumut terdekat untuk kemudian selanjutnya akan diberikan arahan oleh pihak bank Sumut untuk melakukan proses pengajuan pinjaman KUR.

Diperlukan verifikasi data terlebih dahulu dengan cara petugas bank akan melakukan survei ke rumah peminjam untuk bisa mengetahui apakah pengajuan pinjaman bisa di-acc atau tidak.

Tabel Angsuran KUR Bank Sumut

Jika Anda masih bingung untuk memilih jenis pinjaman KUR yang tersedia di Bank Sumut, berikut ulasan singkat tentang jenis KUR Bank Sumut.

KUR Super Mikro

Adalah sebuah produk pinjaman KUR yang ditujukan untuk kalangan nasabah yang menjadi korban PHK karena pandemi wabah dan para ibu rumah tangga. Jumlah maksimal pinjaman adalah sejumlah Rp10 juta dengan jangka waktu angsuran 60 bulan.

tabel angsuran kur bank sumut

KUR Mikro

Merupakan jenis pinjaman KUR yang ditujukan untuk kalangan pebisnis UMKM dengan maksimal pinjaman sejumlah Rp50 juta dengan jangka waktu angsuran hingga 60 bulan.

Tabel angsuran KUR Mikro di Bank Sumut:

KUR Kecil

Jenis pinjaman KUR yang dimiliki Bank Sumut untuk kalangan pebisnis UMKM dengan limit pinjaman dari mulai Rp50 juta hingga Rp500 juta. Untuk jenis pinjaman ini, nasabah bisa memilih jangka waktu angsuran dari mulai 12 bulan hingga 60 bulan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Tabel angsuran KUR Kecil Bank Sumut:

Simulasi Pinjaman KUR di Bank Sumut

Untuk mengetahui simulasi pinjaman KUR di bank Sumut terlebih dahulu Anda harus mengetahui dan memahami tabel angsuran yang sudah dicantumkan di atas. Berikut adalah gambaran simulasi dari pinjaman KUR yang ada di bank Sumut.

Andi memiliki bisnis kuliner ayam geprek yang sudah berjalan kurang lebih selama 7 bulan lamanya. Namun karena masih merintis usaha maka usahanya pun berjalan tak seperti yang diharapkan.

Kemudian akhirnya Andi memutuskan untuk mengambil pinjaman KUR di Bank Sumut sejumlah Rp.5 juta dengan jangka waktu selama 24 bulan untuk dijadikan tambahan modal dalam bisnisnya. Kemudian berapa biaya pinjaman dan angsuran yang harus dibayarkan oleh Andi?

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Andi diharuskan untuk membayar biaya administrasi dan provisi terlebih dahulu di awal pengajuan pinjaman KUR dilakukan. Terdapat rumus sebagai berikut :

Sesuai dengan jumlah angsuran yang tercantum di atas, maka berdasarkan tabel angsuran KUR yang ada di bank Sumut adalah dibayarkan sejumlah Rp221.603 per bulannya. Di mana jumlah angsuran tersebut sudah termasuk angsuran untuk pinjaman pokok dan bunga yang sudah ditetapkan.

Cara Mengajukan Pinjaman KUR di Bank Sumut

Setelah mengetahui dan melengkapi berkas dokumen serta syarat yang dibutuhkan lainnya untuk mengajukan pinjaman KUR di Bank Sumut, berikutnya adalah untuk langsung mengajukannya ke Bank Sumut terdekat. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan pinjaman KUR di Bank Sumut dengan mudah dan cepat.

  1. Kunjungi kantor Bank Sumut terdekat dengan membawa semua berkas dokumen persyaratan yang diperlukan
  2. Pilih untuk mengantre layanan di Customer Service dan ambil nomor antreannya kemudian tunggu hingga dipanggil
  3. Setelah nomor Anda dipanggil, berikutnya adalah untuk datang dan menjelaskan maksud tujuan datang ke Bank Sumut untuk pengajuan KUR
  4. Dengarkan dengan seksama penjelasan CS terkait detail pinjaman KUR, Anda bisa bertanya jika ada yang masih belum dipahami dengan baik
  5. Jika Anda sudah paham semua detail syarat, ketentuan dan hal lainnya yang berlaku dalam prosedur pinjaman KUR, kemudian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan KUR
  6. Lakukan pengisian formulir pengajuan pinjaman KUR dengan lengkap dan data yang benar, lalu serahkan pada CS beserta dokumen pendukung yang dibutuhkan
  7. Pihak CS bank Sumut kemudian akan melakukan verifikasi dan penilaian berkas persyaratan serta formulir yang sudah diisi tersebut
  8. Anda bisa pulang ke rumah sambil menunggu datangnya tim survei dari bank Sumut. Proses survei akan menjadi penentu apakah pengajuan pinjaman Anda disetujui atau tidak.
  9. Jika pinjaman KUR Anda disetujui, maka secepatnya akan dihubungi oleh pihak bank dan diminta langsung datang ke bank Sumut terdekat untuk menyelesaikan prosedur pengajuan KUR
  10. Anda akan melakukan tanda tangan kontrak KUR Bank Sumut yang harus dilakukan pihak peminjam terdiri dari suami dan istri kemudian menunggu pencairan dana dilakukan

Demikian pembahasan singkat tentang KUR Bank Sumut, syarat, cara mengajukan dan simulasi kredit yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bisa dijadikan referensi utama untuk memberikan tambahan modal dalam bisnis Anda.

Exit mobile version