7 Cara Mencairkan Kutek yang Kering agar Bisa Dipakai

Kutek memiliki live span atau masa pakai sekitar 1 tahun setelah produksi. Produk nail polish yang dibiarkan lama dan tidak digunakan dapat berubah konsistensinya seperti mengering atau mengental. Bagaimana cara mencairkan kutek yang kering jika kamu ingin memakainya lagi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mencairkan Kutek yang Kering atau Keras

Seperti produk kecantikan pada umumnya, kutek juga memiliki masa kadaluwarsa. Namun, terkadang sebelum masa kadaluwarsa tersebut ternyata kutek bisa mengering sehingga tidak bisa dipakai.

Kalau kamu tidak tega untuk membuangnya karena masih banyak, kamu bisa coba cara berikut untuk mencairkan kutek agar bisa dipakai lagi untuk mengecat kuku.

1. Gulingkan botol kutek dengan kedua telapak tangan

Cara Mencairkan Kutek yang Kering

Kamu mungkin lupa atau terlalu lama membiarkan kutek terbuka sehingga cairan cat kuku di dalamnya menggumpal. Jangan buru-buru membuang cat kuku karena kamu masih bisa memakainya.

Kamu bisa coba guling-gulingkan botol kutek di telapak tangan. Cara ini paling mudah untuk mengembalikan tekstur kutek yang sudah menggumpal. Dengan digulingkan berulang, cairan di dalam botol kutek akan ikut teraduk.

Gumpalan di bagian bawah akan ikut berputar dengan diguling-gulingkan. Selain itu, gerakan memutar di telapak tangan yang hangat juga dapat mencairkan kutek yang mengental.

Namun, ingat untuk menggulingkan botol dengan posisi tidur bukan berdiri. Mengocok botol kutek dengan posisi atas ke bawah mungkin bisa menciptakan gelembung-gelembung kecil yang justru membuat kutek semakin menggumpal.

Baca juga: Perbedaan Scarlett Asli dan Palsu

2. Cairkan kutek dengan air panas

Cara mencairkan kutek yang kering dapat dilakukan dengan menggunakan air panas. Ini bisa kamu lakukan jika cara di atas tidak berhasil dan kutek masih terlalu keras. Caranya mudah, kamu perlu siapkan wadah dan air mendidih atau air panas.

Gunakan wadah yang tahan panas dan tuang air panas ke dalam wadah tersebut. Kemudian masukan botol kutek ke dalam air panas dan biarkan selama kurang lebih 5 menit atau sampai airnya sedikit mendingin.

Suhu panas dari air dapat membantu mencairkan cat kuku yang keras atau membeku sehingga lebih mudah untuk dipakai atau dioleskan ke kuku. Ketika memasukkan botol kutek, pastikan kamu sudah menutup botolnya dengan tutup yang rapat.

3. Menggunakan cairan pengencer kutek

Cara paling praktis dan efektif untuk mencairkan cat kuku yang mengental atau mengeras yaitu menggunakan cairan pengencer kutek. Produk cairan pengecer ini bisa kamu dapatkan dengan mudah lho. Ada banyak produsen nail polish yang biasanya juga memproduksi nail polish tinner.

Cara menggunakan produk pengencer cat kuku ini juga mudah. Kamu bisa meneteskan 2-3 tetes cairan pengencer ke dalam botol cat kuku. Kemudian kamu bisa guling-gulingkan botol di kedua telapak tangan.

Ingat, cara mencairkan kutek yang kering harus menggulingkan botol dalam posisi tidur. Lakukan beberapa menit hingga kamu bisa lihat perubahan pada cairan cat kuku dari dalam botol.

Baca juga: Cara Membedakan Sabun Cetaphil Asli dan Palsu

4. Aseton

Aseton dikenal sebagai salah satu bahan yang ada dalam produk penghapus cat kuku atau nail polish remover. Kamu dapat menggunakan aseton untuk mencairkan cat kuku yang beku. Namun, untuk cara ini memang tidak begitu dianjurkan.

Kenapa? Bahan aseton termasuk bahan berbahaya yang tidak boleh digunakan dalam nail polish remover. Jika kamu menggunakan aseton, sebaiknya teteskan sedikit saja. Selanjutnya, kamu bisa kocok atau guling-gulingkan botol agar konsistensi cat kuku lebih cair.

Selain menggunakan aseton, kamu juga bisa pakai cairan lain seperti alkohol untuk mencairkan kutek yang kering. Teteskan secukupnya saja agar warna cat kuku tidak rusak dan cairan kutek tidak mudah menguap.

5. Ulangi dan diamkan

Bagaimana jika sudah diberi aseton atau cairan pengencer tetapi kutek tetap keras? Apabila kamu sudah coba salah satu cara mencairkan kutek yang kering di atas dan belum berhasil, kamu bisa mengulanginya. Ini mungkin diperlukan jika cat kuku kamu sudah terlalu kering atau keras.

Setelah itu, kamu bisa diamkan kutek lebih lama atau semalaman. Kutek beku yang sudah diberi cairan pengecer akan berubah lebih cair atau kental. Kamu bisa memakainya lagi dengan mudah untuk mempercantik kuku.

6. Tutup botol kutek dengan rapat

Cat kuku akan mudah mengering ketika bersentuhan dengan udara luar. Semakin sering dan lama cat kuku bersentuhan dengan udara, kondisi cat kuku akan cepat rusak dan mengering.

Setelah konsistensi kutek kamu kembali pas, usahakan untuk selalu menutup botol kutek dengan rapat setelah dipakai. Kamu juga bisa merendam kuas kutek ke aseton untuk mencegah cat kuku mudah mengering. Rendam sebentar saja sebelum kuas dimasukkan ke dalam botol kutek.

7. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

Cara mencairkan kutek yang kering bisa dikatakan mudah. Jangan lupa untuk menyimpan cat kuku dengan benar. Sebaiknya kutek atau cat kuku disimpan di tempat yang kering dan sejuk seperti di kamar atau di laci meja rias.

Hindari menyimpan kutek di kamar mandi karena suhu udara di dalam ruangan tersebut sering berubah. Jika kutek didiamkan terlalu lama, kutek kamu bisa saja kembali kering dan sulit dibuka. Silahkan gulingkan botol atau pakai cairan pengencer lagi jika diperlukan. 

Bagaimana jika cat kuku justru terlalu encer? Apabila kamu mencoba mencairkan cat kuku dan ternyata terlalu encer, kamu bisa mendiamkan kutek sedikit mengering dengan membiarkan botolnya terbuka semalaman.

Itulah beberapa cara mencairkan kutek yang kering untuk kamu coba. Setelah cairan kutek kembali ke konsistensi yang pas, kamu harus memperhatikan penggunaan dan penyimpanannya agar cairan cat kuku tidak mudah mengering.

Exit mobile version