ini 5 Manfaat Dahsyat Buah Delima untuk Kulit Wajah

Delima merupakan buah yang diperkirakan berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik. Buah yang memiliki rasa asam dan manis ini juga dikenal dengan nama pomegranate. Buah ini juga diketahui memiliki kandungan gizi cukup tinggi, tak ayal delima juga disebut dengan superfood sebab memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Selain dapat ditemui sebagai makanan, beberapa produk kecantikan sering kali memasukkan delima sebagai salah satu bahan utama. Sebagian besar manfaat yang ditemukan pada delima berkaitan dengan polifenol, nutrisi yang mengandung antioksidan kuat. Ini memungkinkan untuk buah delima meningkatkan kesehatan baik dari dalam maupun luar tubuh.

Apa saja manfaat delima untuk kulit dan kecantikan? Cari jawabannya di bawah ini!

Atasi Penuaan pada Kulit

penuaan dini

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut mampu menetralkan efek radikal bebas dalam tubuh, termasuk sebagai antiaging. Senyawa dalam buah juga mampu merangsang sel keratinosit dan membantu regenerasi sel sehingga dapat mengurangi kerutan dan kulit yang mengendur.

Biasanya buah ini menjadi bahan utama untuk produk kecantikan yang meng-klaim mampu meremajakan kulit, tapi Anda juga bisa membuat masker alami dari buah ini.

Pilihan yang Tepat untuk Menghidrasi Kulit

Kedahsyatan buah delima juga dapat dirasakan bagi pemilik kulit kering. Hal ini dikarenakan delima merupakan sumber yang kaya vitamin C. Bahkan pernyataan ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang menyebutkan buah delima efektif untuk merawat kulit kusam dan kering. Sekitar 82 persen buah delima adalah air, oleh kareanya buah ini efektif untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus menggunakan produk-produk yang mengandung delima secara rutin dan teratur.

Melawan Bakteri Jerawat dan Breakout

Breakout adalah kondisi kulit ketika mengalami iritasi dan peradangan yang mendorong timbulnya jerawat dan menghasilkan kemerahan pada kulit. Breakout disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi kelenjar minyak kulit.

Buah delima dikenal karena sifat anti-inflamasi atau anti-radang, sehingga buah ini dapat menyembuhkan peradangan, serta dapat dengan cepat mengempeskan jerawat. Selain itu adapula sifat antimikroba alami yang didapat dari vitamin C, diduga mampu melawan bakteri dan jamur di kulit, termasuk bakteri P. acnes, penyebab munculnya jerawat.

Sebagai Eksfoliator Alami

Eksfoliasi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Rutin melakukan eksfoliasi mampu membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Tidak hanya itu saja guna lain eksfoliasi adalah meningkatkan efektivitas penyerapan skincare.

Delima juga bisa menjadi eksfoliator alami, lho! Caranya adalah menggunakan biji buah delima dan hancurkan sedikit, Anda dapat mencampurkan biji yang sudah sedikit halus itu dengan bahan lain seperti madu atau lidah buaya, kemudian pijat perlahan di wajah.

Berikan Perlindungan UV

Paparan sinar matahari sangatlah buruk untuk kulit, ini dapat membuat kulit terbakar hingga dapat menyebabkan bintik-bintik penuaan dan kerutan. Antioksidan dalam buah delima juga dianggap mampu membantu memberikan perlindungan alami terhadap sinar ultraviolet (UV). Meskipun demikian ini bukan menjadi pengganti sunscreen atau sunblock, jadi tetap gunakan sunscreen dan sunblock setiap hari ya!

Manfaat buah delima untuk kulit ini dapat cepat dirasakan jika menggunakannya secara rutin. Hal yang tak kalah penting adalah jangan lupa untuk memastikan apakah Anda alergi terhadap buah delima atau tidak.

Apabila ingin mendapatkan manfaat buah delima di kulit dan tidak ingin repot mencari buahnya, Anda bisa langsung membeli produk-produk kecantikan yang mengandung buah delima, seperti serum, toner, hingga masker wajah.

Exit mobile version