Resmi Berakhir, 4 Fakta Kasus Pencemaran Nama Baik Johnny Depp

Aktor berkebangsaan Amerika Serikat, Johnny Depp baru saja menyelesaikan kasus pencemaran nama baik yang ia layangkan terhadap mantan istrinya, Amber Heard. Kasus mereka pada akhirnya selesai pada Rabu (1/6/2022) dengan kemenangan diraih oleh Johnny Depp.

Kasus yang melibatkan dua bintang besar Amerika Serikat ini sejak awal telah berhasil menarik animo masyarakat, mengingat keduanya pernah menjadi pasangan yang serasi sebelum memutuskan untuk bercerai di tahun 2016. Mereka telah bertarung di pengadilan sejak tahun 2018 lalu dan melalui berbagai drama hukum.

Lebih lanjut, yuk simak 4 fakta seputar kasus pencemaran nama baik yang melibatkan Johnny Depp dan Amber Heard :

1. Awal Mula Kasus

Potret Amber Heard (sc: bbc.com)

Drama perang di pengadilan antara Johnny Depp dan Amber Heard bermula dari tulisan Amber Heard untuk kolom opini The Washington Post pada tahun 2018. Dalam op-ed The Washington Post kala itu, Amber Heard menulis: “Saya menjadi figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga dan saya merasakan kekuatan penuh dari murka busaya kita terhadap wanita yang berbicara”.

Kalimat-kalimat selanjutnya menceritakan tentang bagaimana Amber Heard memiliki pengalaman pelecehan sejak kecil hingga ia dewasa. Amber Heard juga meminta dukungan untuk perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Amber Heard sama sekali tidak menyebutkan nama Johnny Depp dalam tulisan itu, tetapi banyak spekulasi publik yang menyudutkan Johnny Depp sebagai pelaku.

2. Gugatan Pencemaran Nama Baik oleh Johnny Depp

Potret Johnny Depp (sc: CNN)

Pada tahun 2019, Johnny Depp melayangkan gugatan pencemaran nama baik untuk Amber Heard, ia mengklaim bahwa opini yang Amber Heard tulis itu merupakan tipu muslihat. Johnny Depp menduga bahwa postingan opini tersebut hanya untuk membangun citra positif bagi Heard. Ia juga menyatakan bahwa ia bukanlah pelaku KDRT, melainkan korban. Johnny Depp pun meminta gantu rugi sebesar $50.

3. Gugatan Balik Amber Heard dan Didepaknya Johnny Depp dari Fantastic Beasts

Potret Johnny Depp di Film Fantastic Beasts

Pada tahun 2020, Amber Heard mengatakan bahwa dirinya menjadi korban pukul dari Johnny Depp pada The Daily Mail dan mengundang pemberitaan lainnya oleh salah satu media di Inggris yaitu The Sun. Johnny Depp yang tidak terima atas berita tersebut, sempat menuntut The Sun dan juga melayangkan pernyataan bahwa Amber Heard berselingkuh.

Namun, pada saat itu hakim memihak The Sun dan menyatakan bahwa korban kekerasan dalam rumah tangga tidak boleh dibungkam serta mengucapkan terimakasih kepada Amber Heard karena telah berani berbicara.

Kasus pada tahun 2020 ini pun berhasil membuat Johnny Depp didepak dari franchise “Fantastic Beasts”.

” Saya ingin memberi tahu bahwa saya telah diminta untuk mengundurkan diri oleh Warner Bros dari peran saya sebagai Grindelwald di Fantastic Beasts, dan saya telah menghormati dan menyetujui permintaan itu, “ tulis Johnny Depp pada postingannya di media sosial waktu itu.

4. Akhir Drama Panjang Amber Heard-Johnny Depp

Potret Johnny Depp dan Amber Heard (sc: marca.com)

Persidangan kasus pencemaran nama baik yang melibatkan Amber Heard dan Johnny Depp dilangsungkan selama berminggu-minggu sejak April 2022. Pengacara Depp memaparkan bukti dugaan KDRT Heard, sedangkan pengacara Heard fokus pada penggunaan narkoba Depp di masa lalu yang tentunya justru memperpanjang masalah.

Amber Heard sempat dikabarkan frustasi karena banyaknya liputan negatif yang diterimanya kala itu. Usai mendapatkan tim baru, Heard kembalii muncul dengan berbagai kesaksian.

Sidang di pengadilan pun berlangsung cukup panas dengan Johnny Depp dan Amber Heard yang terus saling membalas kesaksian dan memaparkan berbagai bukti yang menguntungkan diri mereka masing-masing. Pada 27 Mei 2022, argumen penutup pun didengarkan oleh para juri pengadilan dan perundingan dimulai.

1 Juni 2022, akhirnya juri dengan suara bulat memutuskan bahwa Heard mencemarkan nama baik Depp dan harus memberinya ganti rugi $5 juta dan $10juta. Pun menghadiahkan Heard $2juta sebagai ganti rugi dalam tuntutan baliknya. Sehingga kasus resmi berakhir dengan gugatan Johnny Depp yang menang.

Itulah tadi 4 fakta mengenai kasus pencemaran nama baik yang melibatkan Johnny Depp dan Amber Heard.

Exit mobile version